Cara-Cara Setting HT Icom IC-V80 Dengan Mudah

Cara setting HT Icom ic-v80 dengan mudah - Handy Talky Icom IC-V80 merupakan salah satu produk terbaru dari radio VHF yang diproduksi oleh Icom. IC-V80 sendiri merupakan generasi penerus IC-V8/T3H2 dan termasuk seri radio komunikasi paling populer. Adapun fitur dasar yang dimiliki produk HT ini adalah operasi yang user friendly serta output daya 5,5 W. Radio Icom sendiri diciptakan dengan tangguh seri IC-V80 yang paling ekonomis dengan boyi kuat sesuai standar militer menawarkan fitur ketahanan air dan perlindungan dari kotoran maupun debu. Tampilannya kuat dan kompak memakai power yang besar.
ht icom v80 bekas,ht icom v80 spesifikasi,icom ic v80 manual,icom ic v80 user manual,radio icom ic v80,icom ic v80 t,

Baca juga : Cara Setting Kamera Nikon D3000 dan Fitur-Fitur Lengkapnya

Bagaimana Cara Setting HT Icom IC-V80?

Untuk melakukan pengaturan handy talky ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan berikut ini:

• Mengganti Frekuensi

Untuk mengganti frekuensi radio, Anda bisa menekan tombol “Call/MR/VFO” kemudian tekan frekuensi sesuai keinginan lalu tekan PTT.

• Langkah Membuat Sebuah Memory Channel

  • Pertama-tama tekan tombol “Call/MR/VFO” hingga beberapa kali hingga masuk menuju mode VFO. Lalu ikuti langkah di bawah ini:
  • Masukkan frekuensi sesuai keinginan, Anda bisa memakai tombol up/down maupun kipet. Kemudian masukan data yang lainnya juga yang digunakan, contohnya offset frequency atau selisih, tone squelch, atau duplex -/+.
  • Setelah itu tekan tombol [FUNC] (M), kemudian [MR/Call/VFO] lalu “MR” serta nomor memory pun akan berkedip.
  • Lalu tekan tombol Up/Down agar Anda bisa menentukan nomor memory.
  • Kemudian tekan [FUNC] (M), tekan lalu tahan MR/Call/VFP hingga 1 detik lamanya agar memori tersimpan. Biasanya terdengar bip bip bip sebanyak 3 kali.

• Langkah Menghapus Memory Channel

Langkah-langkah untuk membuat menghapus bagian memory channel sendiri adalah sebagai berikut:
1. Tekan tombol [FUNC] (M), kemudian tekan [MR/Call/VFO].
2. Tekan tombol Up/Down agar Anda memilih bagian nomor memory tujuan yang hendak di hapus.
3. Setelah itu, lakukan cara ini selama 1,5 detik, sebab jika tidak biasanya akan kembali menuju mode memory dengan tidak menghapus memory tujuan.
4. Kemudian tekan tombol [FUNC](M), dan tekan [MR/Call/VFO].
5. Lalu tekan tombol [FUNC](M) setelah itu tahan dan tekan tombol [MR/Call/VFO] hingga 3 detik setelah itu memori pun akan terhapus.

• Tips Mengubah Tampilan Display Frekuensi To CH

Untuk mengubah tampilan HT Display Frekuensi To CH dengan masuk menuju mode set mode lalu matikan radio, kemudian tekan lalu tahan tombol MR dan Moni, setelah itu hidupkan radio lalu pilih menu pada DSP.FR dan ubah dengan DSP.CH. Setelah itu, matikan radio dan hidupkan lagi.

• Membuat Nama Channel

Pertama-tama masuk pada set mode, dengan keadaan radio yang off tekan lalu tahan tombol bagian Up/Down kemudian nyalakan kembali radio lalu putar DIAL kemudian cari DSP.CH/DSP.FR/DSP.NM kemudian Anda pilih bagian DSP.NM kemudian enter. Setelah itu, tekan bagian tombol MR/VFO/Call kemudian pilih pada channel yang hendak Anda beri nama. Berikutnya tekan tombol bagian FUnc kemudian Set dan putar Dial, lalu tekan Up untuk dapat menggeser kursor bila nama telah dibuat selanjutnya tekan Enter.

Itulah langkah-langkah cara setting HT Icom ic-v80 pada HT kesayangan Anda. Semoga bermanfaat!