Untuk mengisi acara perpisahan dengan kakak kelas enam Siti, Lani, Dayu, Udin, Edo, dan Beni akan menampilkan karya tari. Mereka semangat dan giat berlatih.
Baca: Susunan Acara Perpisahan Sekolah
Pada hari Minggu, mereka berlatih tari Saman di rumah Siti. Mereka berlatih dengan panduan kaset CD Player. Ayah Siti yang kebetulan pandai menari mendampingi Siti dan teman-temannya berlatih menari. Mereka berlatih dengan semangat dan gembira.
Ibu Siti senang melihat semangat Siti dan teman-temannya dalam berlatih gerak tari. Ibu Siti menyiapkan minuman dan hidangan untuk Siti dan teman-temannya. Siti dan teman-temannya istirahat berlatih menari sambil menonton televisi. Kebetulan mereka melihat iklan sebuah produk vitamin yang berlatar belakang tari Saman. Berikut ini adalah iklan televisi yang dilihat Siti dan temannya.
Ayo Mengamati!
Ayo Berlatih!
Iklan televisi merupakan iklan elektronik. Selain iklan televisi, iklan elektronik dapat berupa iklan internet dan radio. Perhatikan cuplikan gambar iklan televisi dan iklan internet berikut. Buat kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik melalui media televisi dan internet berikut.
Iklan tersebut merupakan iklan pasta gigi untuk membersihkan dan menguatkan gigi. Iklan tersebut memberikan informasi bahwa dengan menggunakan produk tersebut saat menyikat gigi, akan membuat gigi kita menjadi tidak hanya bersih tapi juga kuat.
Iklan diatas merupakan iklan di internet berupa iklan shampo anti ketombe. Iklan tersebut memberikan informasi bahwa dengan menggunakan shampo maka kulit kepala akan terbebas dari ketombe.
Kesimpulannya, Ketiga iklan tersebut berisi penjelasan atau keunggulan produk yang dimaksudkan untuk mengajak calon pembeli agar membeli produk yang diiklankan.
Baca: Materi Kelas 5, Tema 9, Subtema 2 Pembelajaran 3
Ayo Mengamati!
Iklan pasta gigi, sampo, dan sirop tentu sering kamu lihat, baik melalui televisi maupun internet. Benda-benda di sekitarmu seperti ketiga barang tersebut merupakan benda ekonomi. Mengapa pasta gigi, sampo, dan sirop termasuk benda ekonomi? Coba kamu ingat, bukankah kamu membutuhkan ketiga benda tersebut dalam kehidupan? Itulah alasan pasta gigi, sampo, dan sirop merupakan contoh benda ekonomi.
Enam gelas sirop dingin dan satu gelas kopi panas beserta makanan kecil telah selesai ibu siapkan. Ibu memanggil Siti untuk membantu membawa ke teman-teman Siti dan ayah. Siti segera membantu ibu menghidangkan minuman dan makanan kecil untuk ayah dan teman-temannya. Ayah, Siti, dan teman-temannya menikmati hidangan yang disajikan Siti dan ibunya. Tidak lupa teman-teman Siti mengucapkan terima kasih kepada Siti dan ibunya.
Masih ingatkah kamu air sirop dan air kopi termasuk materi campuran? Tentu kamu masih ingat bukan? Termasuk campuran heterogen atau campuran homogenkah air sirop dan air kopi? Ayo amati kembali.
1. Air sirop merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan sari buah (tergantung rasanya). Perhatikan campuran ketiga zat tersebut. Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat (air mineral, gula, dan sari buah) tidak dapat dipisah-pisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. Jadi, air sirop termasuk materi campuran homogen.
2. Air kopi bubuk merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Perhatikan campuran ketiga zat tersebut! Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna. Jadi, air kopi termasuk materi campuran heterogen.
- Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
- Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
- Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
- Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.
No | Jenis Campuran | Komponen Penyusun Campuran | Sifat Campuran |
---|---|---|---|
1. | Air Sirop | Air mineral, gula, dan sari buah | Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa. |
2. | Oralit | Air mineral, gula, dan garam | Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa. |
3. | Larutan garam | Garam dan air | Campuran tersusun atas dua unsur atau senyawa |
4. | Larutan gula | Gula dan air | Campuran tersusun atas dua unsur atau senyawa |
Siti dan teman-temannya telah beristirahat cukup. Mereka pun mulai berlatih kembali. Ayah Siti meminta Siti dan teman-temannya berlatih dengan sungguhsungguh. Siti dan teman-temannya harus melakukan gerakan secara benardan kompak. Mereka juga memperagakan gerak dengan pola lantai supaya tarian mereka terlihat lebih indah. Berikut gerak-gerak yang mereka lakukan.
1. Berdasarkan gerak tari yang dilakukan Siti dan teman-teman di atas, sebutkan bentuk pola lantainya. Tuliskan pada kolom berikut.
Baca: Kelas 5, Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 2.
Bentuk pola lantai pada gerak tari di atas.
1. Pola lantai vertikal
2. Pola lantai diagonal
3. Pola lantai lingkaran/melengkung
4. Pola lantai horizontal
Kamu telah memahami empat pola lantai pada tarian daerah. Ada pola lantai vertikal, horizontal, diagonal, dan garis melengkung. Sekarang coba kamu peragakan keempat pola lantai tersebut. Ikuti dengan gerakan tangan dan kaki. Buat variasi gerakan tangan kaki, tangan, dan kepala. Peragakan secara bergantian di depan kelas. Bapak/Ibu Guru akan memberimu aba-aba. Kreativitasmu dalam menampilkan gerakan akan menentukan nilai yang Bapak/Ibu Guru berikan.