Pembahasan Materi Kelas 5, Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 5

Untuk mengisi acara perpisahan dengan kakak kelas enam Siti, Lani, Dayu, Udin, Edo, dan Beni akan menampilkan karya tari. Mereka semangat dan giat berlatih.

Baca: Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Pada hari Minggu, mereka berlatih tari Saman di rumah Siti. Mereka berlatih dengan panduan kaset CD Player. Ayah Siti yang kebetulan pandai menari mendampingi Siti dan teman-temannya berlatih menari. Mereka berlatih dengan semangat dan gembira.

Ibu Siti senang melihat semangat Siti dan teman-temannya dalam berlatih gerak tari. Ibu Siti menyiapkan minuman dan hidangan untuk Siti dan teman-temannya. Siti dan teman-temannya istirahat berlatih menari sambil menonton televisi. Kebetulan mereka melihat iklan sebuah produk vitamin yang berlatar belakang tari Saman. Berikut ini adalah iklan televisi yang dilihat Siti dan temannya.

Ayo Mengamati!

Iklan yang dilihat Siti dan teman-temannya adalah iklan vitamin untuk kesegaran tubuh. Iklan tersebut memberikan informasi penting tentang vitamin, yaitu untuk kesegaran tubuh supaya lincah dalam bergerak dan beraktivitas. Vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklan pada gambar mengajak kepada khalayak untuk minum vitamin itu.

Ayo Berlatih!
Iklan televisi merupakan iklan elektronik. Selain iklan televisi, iklan elektronik dapat berupa iklan internet dan radio. Perhatikan cuplikan gambar iklan televisi dan iklan internet berikut. Buat kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik melalui media televisi dan internet berikut.

Kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik pada gambar diatas adalah;
Iklan tersebut merupakan iklan pasta gigi untuk membersihkan dan menguatkan gigi. Iklan tersebut memberikan informasi bahwa dengan menggunakan produk tersebut saat menyikat gigi, akan membuat gigi kita menjadi tidak hanya bersih tapi juga kuat.
Kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik pada gambar.
Iklan diatas merupakan iklan di internet berupa iklan shampo anti ketombe. Iklan tersebut memberikan informasi bahwa dengan menggunakan shampo maka kulit kepala akan terbebas dari ketombe.

Iklan diatas merupaka iklan televisi yang menawarkan produk minumah kesehatan. Iklan tersebut memberikan informasi bahwa minuman kesehatan yang ditawarkan dibuat dari bahan alami yaitu air kelapa yang sangat bermanfaat apabila kita meminumnya setelah berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Kesimpulannya, Ketiga iklan tersebut berisi penjelasan atau keunggulan produk yang dimaksudkan untuk mengajak calon pembeli agar membeli produk yang diiklankan.

Baca: Materi Kelas 5, Tema 9, Subtema 2 Pembelajaran 3

Ayo Mengamati!
Iklan pasta gigi, sampo, dan sirop tentu sering kamu lihat, baik melalui televisi maupun internet. Benda-benda di sekitarmu seperti ketiga barang tersebut merupakan benda ekonomi. Mengapa pasta gigi, sampo, dan sirop termasuk benda ekonomi? Coba kamu ingat, bukankah kamu membutuhkan ketiga benda tersebut dalam kehidupan? Itulah alasan pasta gigi, sampo, dan sirop merupakan contoh benda ekonomi.

Enam gelas sirop dingin dan satu gelas kopi panas beserta makanan kecil telah selesai ibu siapkan. Ibu memanggil Siti untuk membantu membawa ke teman-teman Siti dan ayah. Siti segera membantu ibu menghidangkan minuman dan makanan kecil untuk ayah dan teman-temannya. Ayah, Siti, dan teman-temannya menikmati hidangan yang disajikan Siti dan ibunya. Tidak lupa teman-teman Siti mengucapkan terima kasih kepada Siti dan ibunya.

Masih ingatkah kamu air sirop dan air kopi termasuk materi campuran? Tentu kamu masih ingat bukan? Termasuk campuran heterogen atau campuran homogenkah air sirop dan air kopi? Ayo amati kembali.

1. Air sirop merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan sari buah (tergantung rasanya). Perhatikan campuran ketiga zat tersebut. Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat (air mineral, gula, dan sari buah) tidak dapat dipisah-pisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. Jadi, air sirop termasuk materi campuran homogen.

2. Air kopi bubuk merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Perhatikan campuran ketiga zat tersebut! Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna. Jadi, air kopi termasuk materi campuran heterogen.
Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.
  1. Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
  2. Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
  3. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
  4. Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.
Ayo Berdiskusi!

Kamu telah memahami komponen penyusun campuran. Pada dasarnya, komponen penyusun campuran bisa berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan senyawa dengan senyawa. Pernahkah kamu membuat minuman susu? Ketika membuat minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk secara merata sehingga susu bubuk yang awalnya berwujud padat menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran. Jadi, campuran dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih.

Sekarang, coba kamu tuliskan beberapa jenis campuran (kamu bebas menentukan jenis campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun campurannya dan tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri campuran tersebut. Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

No Jenis Campuran Komponen Penyusun Campuran Sifat Campuran
1. Air Sirop Air mineral, gula, dan
sari buah
Campuran tersusun atas
dua atau lebih unsur
atau senyawa.
2. Oralit Air mineral, gula, dan
garam
Campuran tersusun atas
dua atau lebih unsur
atau senyawa.
3. Larutan garam Garam dan air Campuran tersusun atas
dua unsur atau senyawa
4. Larutan gula Gula dan air Campuran tersusun atas
dua unsur atau senyawa
Ayo Mengamati!
Siti dan teman-temannya telah beristirahat cukup. Mereka pun mulai berlatih kembali. Ayah Siti meminta Siti dan teman-temannya berlatih dengan sungguhsungguh. Siti dan teman-temannya harus melakukan gerakan secara benardan kompak. Mereka juga memperagakan gerak dengan pola lantai supaya tarian mereka terlihat lebih indah. Berikut gerak-gerak yang mereka lakukan.
Ayo Berlatih!
1. Berdasarkan gerak tari yang dilakukan Siti dan teman-teman di atas, sebutkan bentuk pola lantainya. Tuliskan pada kolom berikut.

Baca: Kelas 5, Tema 9, Subtema 2, Pembelajaran 2.

Bentuk pola lantai pada gerak tari di atas.
1. Pola lantai vertikal
2. Pola lantai diagonal
3. Pola lantai lingkaran/melengkung
4. Pola lantai horizontal

Kamu telah memahami empat pola lantai pada tarian daerah. Ada pola lantai vertikal, horizontal, diagonal, dan garis melengkung. Sekarang coba kamu peragakan keempat pola lantai tersebut. Ikuti dengan gerakan tangan dan kaki. Buat variasi gerakan tangan kaki, tangan, dan kepala. Peragakan secara bergantian di depan kelas. Bapak/Ibu Guru akan memberimu aba-aba. Kreativitasmu dalam menampilkan gerakan akan menentukan nilai yang Bapak/Ibu Guru berikan.

Previous
Next Post »