Kamis, 19 November 2015

Tips Cara Setting Karburator Jupiter Z

Cara setting karburator Jupiter Z bertujuan untuk mengatur jumlah pada campuran bensin dan udara pada karburator supaya tercipta campuran ideal untuk melakukan pembakaran pada ruang bakar melalui pengaturan ketinggian pada jarum skep serta pembukaan pada saluran udara. Yakni dengan cara mengendorkan atau membuka sekrup bagian penyetel udara. Adapun tujuan penyetelan udara ini adalah untuk memperoleh campuran bensin dan udara yang baik agar bisa dimasukkan pada ruang bakar lalu dibakar supaya menghasilkan tenaga maksimal. Sebaiknya setting atau penyetelan karburator dilakukan sesudah karburator dibersihkan lebih dulu.
cara setting karburator vario 110,cara setting karburator satria fu,cara setting karburator motor biar irit,cara setting karburator vespa,cara setting karburator honda beat,

Baca juga : Cara Setting Remote Ac Universal Semua Merek

Adapun langkah-langkah cara setting karburator Jupiter Z adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama hidupkan motor Anda terlebih dulu lalu diamkan untuk tetap menyala kira-kira 5-10 menit agar memperoleh temperatur kerja mesin ideal sebelum menyetel bagian karburator. Tujuan lainnya adalah supaya oli pada mesin telah mengalir dan juga melumasi keseluruhan komponen mesin lebih dulu.
2. Langkah kedua adalah putar bagian baut penyetel rpm atau penyetel sekep dengan arah untuk mengencangkan bagian baut penyetel. Ketika Anda melakukan pengencangan pada baut penyetel tadi maka bagian putaran mesin pun semakin naik. Biasanya hal ini akan ditandai suara mesin terdengar semakin kencang. Jangan mengencangkan hingga penuh ataupun dengan meningkatkan putaran mesin yang secukupnya saja.
3. Lalu kencangkan bagian baut untuk penyetel udara melalui cara pemutaran pada baut penyetel melalui arah pengencangan. Proses penyetelan ini pun membuat mesin menjadi semakin turun pada RPMnya sebab saluran udara pada karburator pun semakin tertutup. Anda bisa kencangkan bagian baut hingga penuh lalu perhatikan mesin agar tidak sampai mati. Bila mesin seperti hendak mau mati, Anda bisa meningkatkan bagian RPM mesin yang sedikit saja melalui pemutaran baut kembali bagian penyetel sekep pada arah pengencangan. Anda bisa melakukan pengencangan pada baut bagian penyetel udara hingga baut kencang maupun saluran udara yang tertutup penuh.
4. Langkah berikutnya yaitu memutar bagian baut untuk penyetel udara menuju arah sebaliknya yakni menuju arah bagian pengendoran baut. Anda bisa melakukannya dengan perlahan sembari mendengarkan tarikan suara mesin yang semakin keras menunjukkan putaran pada mesin semakin naik. Anda bisa memperhatikan tarikan suara mesin yang semakin naik seiring dengan mengendorkan bagian pada baut untuk penyetel udara. Namun sesudah RPM mesin semakin meningkat terus, akan ada waktu di mana bagian putaran mesin pun menurun kembali hal ini seiring dengan pengendoran pada baut untuk penyetelan udara tadi.
5. Bila Anda mau menyetel setelan basah, Anda bisa melakukan penyetelan pada baut udara ketika suara mesin menjadi paling kencang. Tetapi jika Anda ingin melakukan proses penyetelan kering, Anda bisa melakukannya sebelum tarikan suara mesin paling keras.
6. Sesudah Anda menentukan proses penyetelan baut pada penyetelan udara apakah dengan setelan kering atau basah, Anda bisa memutar lagi bagian baut penyetel sekep agar memperoleh putaran langsam pada mesin motor Anda. 

Demikianlah tahapan cara setting karburator Jupiter Z untuk Anda ikuti dengan mudah. Semoga bermanfaat!
Tips Cara Setting Karburator Jupiter Z Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Liza Zahrah