Minggu, 22 November 2015

Tips Cara Setting Jam Digital Masjid untuk Waktu Salat

Cara Setting Jam Digital Masjid untuk Waktu Salat - Teknologi sekarang ini semakin canggih dan maju bahkan dalam dunia digital seperti jam juga semakin canggih. Salah satu jam yang canggih adalah jam digital khusus untuk masjid yang sudah dilengkapi dengan penanda waktu untuk salat. Cara setting jam digital masjid ini pun tidaklah sulit, tidak perlu keahlian khusus untuk mengatur jam digital ini. Cukup dengan menggunakan cara manual saja Anda sudah bisa mengatur jam digital ini. Dalam jam digital untuk masjid ini tidak hanya bisa menampilkan waktu salat saja tapi juga bisa menampilkan kapan waktu adzan dan iqamah serta siapa yang akan menjadi imam.
cara setting jam tangan digital,cara setting jam dinding digital,harga jam digital masjid,jam digital masjid murah,jual jam digital masjid,

Baca juga : Cara Setting Karburator RX King yang Eror Agar Kencang

Tentu saja dalam pengaturan jam digital ini tidaklah mudah tapi bisa dilakukan dengan memperhatikan tips-tips pembagian dalam melakukan setting jam digital masjid untuk waktu salat:

1. Setting jam salat atau waktu lain

Pengaturan untuk waktu yang ada pada jam digital masjid bisa diatur dengan cara menekan tombol menu kemudian atur jam sesuai dengan kenyataannya. Anda bisa menggunakan tombol up dan down untuk menyesuaikan waktu. Tanggal juga bisa diatur dengan cara memilih tombol menu kemudian pengaturan tanggal, dalam jam digital masjid urutan pengaturan waktu adalah jam, menit, hari, tanggal, bukan, dan tahun.

2. Setting waktu salat

Sebenarnya pengaturan waktu untuk salat ini bertujuan agar muadzin ingat kapan harus adzan jika sudah tiba waktunya salat. Jika jam sudah menunjukkan pukul tertentu maka akan terdengar bunyi beep dan inilah tanda muadzin untuk adzan. Setting ini harus dilakukan sesuai dengan waktu daerah masing-masing.

3. Setting jeda iqamah

Pengaturan ini berbeda dengan pengaturan waktu untuk salat karena pada pengaturan jeda iqamah tidak mengeluarkan bunyi beep melainkan hanya tulisan saja yang mengingatkan bahwa sudah waktunya iqamah. Jeda antara waktu adzan dan iqamah bisa diatur sesuai dengan kebiasaan dalam masjid seberapa lama jeda antara adzan dan iqamah.

4. Setting waktu running text

Pengaturan ini salah satu pengaturan yang cukup sulit dan membutuhkan waktu yang banyak, running text di sini adalah munculnya nama imam yang akan mengisi jamaah salat. Untuk mengatur running text dibutuhkan keyboard untuk memasukkan nama dari imam. Tidak hanya imam saja tapi Anda juga bisa memberikan tambahan nama muadzin, nama khatib, dan pengantar. Dalam melakukan pengaturan ini sering mengalami eror karena memori yang terkadang sudah penuh.

Dalam melakukan pengaturan pada jam digital harus dilakukan secara berkala setiap minggu ataupun setiap harinya. Hal ini dikarenakan jam digital biasanya berputar lebih cepat dibandingkan jam biasa jadi setiap minggunya, sehingga memang harus diubah agar waktunya sesuai dengan waktu yang asli. Bagi pengurus masjid yang sudah mempunyai jam digital, akan lebih baik mempunyai satu operator untuk jam digital dan operator ini wajib mengetahui bagaimana cara setting jam digital masjid yang benar.
Tips Cara Setting Jam Digital Masjid untuk Waktu Salat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Liza Zahrah