Cara Setting VPN di Windows XP Lengkap

Cara setting VPN di Windows XP dengan lengkap - Meskipun kita ketahui di mana Windows XP kini sudah gulung tikar. Namun Windows XP ini tetap menjadi OS paling istimewa untuk para penggunanya. Sebab ada banyak sekali berbagai hal yang tidak dapat dilakukan pada Windows 7 namun dapat dilakukan pada Windows XP. Hal inilah yang membuat Windows XP masih banyak digunakan para user. Namun pada artikel kali ini, kita akan membahas tips penyetelan VPN pada Windows XP lengkap. Meskipun banyak orang yang mengira caranya sama saja seperti Windows 7, namun nyatanya tetap berbeda dan tentunya cara ini banyak dicari oleh para pengguna OS ini.

cara setting wifi di windows xp,cara setting lan di windows xp,cara setting vpn di android,cara setting vpn di mikrotik via winbox,cara setting vpn di mikrotik rb750,

Baca juga : Cara Setting Modem Speedy TP Link TD-W8951ND Mudah dan Lengkap

Langkah setting VPN di Windows XP, berikut

  • Pertama-tama Anda bisa masuk menuju halaman menu Network Connection, degan mengklik menu START lalu Connect to dan Show All Connection. Dengan begitu halaman menu Network Connection pun akan terbuka. Sesudah itu, Anda bisa pilih link bertuliskan seperti “Create New Connection”.
  • Jika sudah, Anda pun akan menjumpai dialog “Welcome to the New Connection Wizard”. Setelah itu, Anda bisa klik “Next”.
  • Setelah itu, Anda pun akan masuk ke tampilan selanjutnya “New Connection Wizar”. Kemudian Anda pun bisa langsung mencentang bagian “Connect to the Networks at my workplace” setelah itu Anda bisa pilih “Next” kembali untuk meneruskan ke langkah berikutnya.
  • Langkah keempat, Anda bisa masuk menuju menu New Connection Wizard lalu pilih dan centang kotak “Virtual Private Network Connection” lalu Anda pilih next kembali.
  • Untuk langkah kelima, Anda bisa memasukkan nama VPN berdasarkan keinginan dalam kolom kosong yang bertuliskan “Company Name” selanjutnya klik “Next”.
  • Langkah berikutnya, Anda bisa memilih kolom berisikan “Do not dial the initial connection” hal ini berarti VPN tak akan aktif jika kita tak menghidupkannya. Sebab kebanyakan orang memakai modem untuk dapat mengaktifkan koneksi internet yang utama serta VPN merupakan alternativenya, dengan begitu Anda bisa memilih “Automatically dial....” tidak cocok digunakan. Setelah itu, Anda bisa klik “Next”.
  • Dalam langkah ke tujuh ini, Anda bisa memasukkan nomor IP Address Server VPN untuk digunakan. Anda bisa klik pada kotak kosong untuk informasi Free VPN, kemudian pilih “Next”.
  • Langkah berikutnya, masuk menuju kotak yang bertuliskan “Create This Connection For” maka Anda bisa memilih “My Use Only” kemudian klik “Next”.
  • Selanjutnya terdapat opsi berupa cekboks, jika dicentang secara otomatis Anda membuat shortcut pada desktop untuk memudahkan Anda membuka VPN tadi. Ada bisa mengklik “Finish” dengan begitu konfigurasi untuk pembuatan VPN pun telah selesai.
  • Selain cara konfigurasi, Anda pun bisa menggunakannya dengan memilih shortcut VPN bisa Anda lihat pada “Network Connection” dengan begitu akan muncul login dengan harus mengetikkan User berikut password sesuai pada akun VPN yang dimiliki. 
Ya, demikianlah langkah-langkah lengkap cara setting VPN di windows XP. Semoga bermanfaat!