Minggu, 22 November 2015

Cara Setting VPN di Mikrotik yang Mudah dan Lengkap

Anda sedang mencari tahu informasi mengenai cara setting VPN di Mikrotik? Simak uraian pada artikel berikut ini. VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yaitu interkoneksi antar jaringan. Dapat berupa PC client ke LAN ataupun LAN ke LAN, di mana interkoneksi ini menggunakan jaringan publik atau internet. Virtual Networks sendiri berarti jaringan yang bersifat virtual sementara Private sendiri berarti jaringan yang bersifat pribadi. Di mana jaringan tersebut tidak dapat diakses oleh orang lain. Data yang dikirim merupakan data yang sudah dienkripsi sehingga terjaga kerahasiaannya walaupun menggunakan jaringan publik.
cara setting vpn di mikrotik via winbox,cara setting vpn di mikrotik rb750,setting vpn di mikrotik dengan speedy,cara setting vpn di android,cara setting vpn di iphone 5,

Baca juga : Ini Dia Cara Setting Jam Baby G dari Casio

Cara Mudah Setting VPN di Mikrotik

Mengatur VPN di Mikrotik sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit dilakukan. Jika Anda merasa bingung, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini. Ini dia cara setting VPN di Mikrotik yang cukup mudah untuk Anda lakukan:

1. Klik menu PPP

Langkah pertama yaitu aktifkan fungsi VPN/PPTP yang ada pada Mikrotik. Klik atau pilih menu PPP, setelah itu klik PPTP Server lalu beri centang untuk option Enable.

2. Klik tanda plus

Langkah kedua yaitu membuat interface VPN/PPTP dengan mengklik tanda plus (+) setelah itu pilih PPTP Server. Isilah kolom Name sesuai dengan keinginan Anda yang akan digunakan sebagai identitas interface VPN Anda pada Mikrotik.

3. Klik Profile

Langkah ketiga yaitu membuat pengaturan profil VPN Server dengan mengklik tab Profile lalu lakukan double klik pada Default-encryption. Isilah data tersebut dengan lengkap sebagai profil VPN Server Anda di Mikrotik. Untuk Local Address Anda dapat mengisi IP sesuai selera Anda, IP ini merupakan IP Address VPN Server. Sementara untuk Remote Address, Anda juga dapat mengisi sesuai selera namun harus dalam kelas yang sama. Contoh Local Addressnya adalah 192.168.10.1, maka Remote Addressnya dapat 192.168.10.2. Sedangkan DNS Server, isinya sama dengan Local Address yaitu 192.168.10.1 dan jika sudah klik OK.

4. Klik Secrets

Langkah keempat yaitu membuat username password, di mana akan digunakan untuk koneksi ke server VPN. Caranya yaitu dengan mengklik tab Secrets lalu klik tanda plus (+), lalu lakukan pengisian data. Contoh:
Name = Yuna
Password = Yuna1234
Service = PPTP 

Jika sudah maka Anda dapat memilih atau mengklik OK sebagai langkah akhirnya. Mikrotik yang sudah Anda bangun tersebut memiliki IP publik langsung untuk interface WAN. Sehingga Anda menggunakan IP publik yang diberikan oleh ISP dan IP tersebut merupakan IP publik yang ada di cloud internet. Tujuan setting VPN Server tersebut yaitu agar dapat menjembatani koneksi internet. Contoh Anda memiliki warnet di Singapura dan rumah Anda di Indonesia, VPN ini yang menjadi jembatan jaringan LAN di Singapura. Demikian ulasan yang dapat disampaikan mengenai cara setting VPN di Mikrotik.
Cara Setting VPN di Mikrotik yang Mudah dan Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Liza Zahrah