Cara Setting Tp-Link Tl-Mr3420 untuk Modem GSM

Kita akan membahas mengenai cara setting Tp-Link TL-Mr3420 untuk modem GSM. Setting wireless router ini bisa juga digunakan untuk modem CDMA tapi kali ini kita bahas yang untuk GSM. Wireless router merupakan perangkat. Bagi Anda yang awam terhadap hal-hal berbau jaringan internet mungkin masih bingung apa sebenarnya wireless router. Tp-link Tl-Mr3420 merupakan salah satu jenis dari wireless router. Generasi terdahulunya adalah wireless access point tapi wireless ini masih memiliki banyak kelemahan. Kemudian wireless router hadir untuk menyempurnakannya. Wireless router sebenarnya memiliki fungsi yang sama sebagai access point untuk meneruskan IP local kita, dengan kata lain kita bisa berbagi jaringan internet kita. Namun kelebihan wireless router memiliki fungsi router untuk memproteksi dengan password sehingga jaringan kita tidak jebol dipakai banyak orang.
cara setting tp link mr3420 first media,cara setting tp link mr3420 sebagai repeater,cara setting tp link mr3420 dengan modem,

Baca juga : Cara Setting Printer Wifi Ke PC atau laptop

Langsung saja, simak bagaimana cara setting Tp-Link TL-Mr3420 untuk modem GSM

1. Pasangkan modem pada port usb router.
2. Sambungkan laptop atau computer ke router menggunakan kabel UTP yang sudah terdapat pada kemasan. Lebih mudahnya gunakan port LAN (1-4) yang berwarna kuning kemudian nyalakan computer.
3. Setelah kabel sudah terhubung dengan benar, selanjutnya buka browser Mozilla atau yang lainnya pada laptop atau computer Anda kemudian tulislah IP Address yang terdapat pada default router TP-Link Anda. Lihatlah pada bagian bawah router untuk mengetahui IP produk tersebut.
4. Kemudian klik Quick Setup, klik next hingga menuju internet access dan akan muncul 4 pilihan yaitu 3G/4G only, WAN only, WAN Preferred, dan 3G/4G preferred. Pilihlah yang 3G/4G preferred karena Anda menggunakan modem gsm kemudian kliklah next.
5. Akan muncul pengaturan 3G/4G untuk modem gsm dan pilihlah location untuk Indonesia. Untuk mobil ISP isian sesuai dengan kartu yang kita gunakan pada modem maka akan tersetting secara otomatis
6. Klik next dan masuklah pada setting untuk quick setup wireless dan setting sesuai petunjuk ini:
  • Wireless Radio : Enable
  • Wireless Network Name : Bisa Anda Ubah Sesuai Keinginan
  • Region : Indonesia
  • Channel : Auto
  • Mode : 11bgn Mixed
  • Channel Width : Auto
  • Max Tx rate : 150 Mbps
7. Untuk wireless security ada dua pilihan yaitu:
  • Disable security yang berarti wifi Anda bisa diakses oleh siapa saja selama berada dalam jangkauan.
  • WPA-PSK/WPA2-PSK berarti melindungi akses internet menggunakan password. Setiap perangkat yang bisa menjangkau jaringan Anda akan diminta password sebanyak 8 digit.
8. Selanjutnya klik next dan klik finish untuk menyelesaikan settingan.
9. Computer akan secara otomatis me-reboot router Anda.

Mudah bukan melakukan setting wireless router TP link ini. Anda juga bisa menambahkan handphone atau parabola internet sebagai jaringan back up atau membagi jaringan internet ini pada perangkat lain. Inilah sedikit ulasan mengenai cara setting Tp-Link TL-Mr3420 untuk modem GSM, semoga bermanfaat.