Minggu, 22 November 2015

Cara Setting Printer Wifi Ke PC atau laptop

Banyak orang yang mencari informasi mengenai cara setting printer wifi ke PC atau laptop. Sharing printer adalah sebuah penggunaan sebuah printer yang bisa digunakan oleh lebih dari satu computer secara bersamaan melalui jaringan LAN atau wifi. Penggunaan printer seperti ini biasanya banyak digunakan di warnet atau percetakan dimana ada banyak computer sedangkan hanya ada satu-dua printer yang tersedia. Hal tersebut bertujuan untuk menghemat jumlah printer dan supaya tidak memenuhi ruangan karena kebanyakan printer. Bayangkan saja jika sebuah ruangan sempit memiliki dan digunakan banyak orang yang membawa laptop masing-masing, tidak mungkin jika setiap computer memiliki printer sendiri-sendiri. Sharing printer ini adalah solusi terbaik.
cara menyambungkan wifi ke komputer windows xp,cara connect wifi ke laptop,cara connect wifi ke laptop asus,cara connect wifi ke laptop windows 8,cara mengkoneksikan wifi ke komputer,

Baca juga : Cara Setting Blackberry Id Baru

Untuk melakukan sharing printer dibutuhkan dua computer yaitu computer master yang terhubung dengan printer dan computer client yang tidak terhubung. Pada dasarnya, terdapat 3 pengaturan utama untuk mengaktifkan printer wifi.

1. Pengaturan semua computer

Pastikan semua computer sudah terinstall printer yang sama dan masuk dalam workgroup yang sama. Jika belum, maka atur terlebih dahulu. Pertama, klik start dan buka control panel, kemudian pilih system. Pilih computer name dan lihat pada bagian workgroup. Jika workgroup yang Anda inginkan sudah sama maka biarkan namun jika belum klik change untuk mengubahnya. Ubahlah nama workgroup supaya sama dengan komputer lainnya.

2. Pengaturan pada computer master

Setting terlebih dahulu dengan masuk ke menu control panel melalui start. Selanjutnya pilih dan buka printer and faxes, pada bagian tersebut akan terlihat printer yang sudah ready digunakan dan terhubung dengan computer. Klik kanan pada printer aktif tersebut dan pilih sharing. Maka akan terbuka tab printer sharing properties dan pilih share this printer kemudian beri nama sesuai keinginan Anda atau biarkan menggunakan nama seadanya. Kemudian klik ok. Jika Anda menemukan permintaan CD windows atau konfirmasi printer, maka pilih just enable file and printer sharing lalu klik OK.

3. Pengaturan pada computer clien

Setelah pengaturan 1 dan dua yaitu pada semua computer dan computer master selesai, selanjutnya kita beralih pada pengaturan computer klien. Anda harus menambahkan computer yang telah di setting tadi pada computer klien. Caranya buka kembali control panel melalui menu start, pilih printer and faxes. Selanjutnya klik add printer hingga muncul halaman add printer wizard kemudian klik next. Pada local or network printer, pilihlah A network printer ora a printer altachead to another computer dan klik next. Selanjutnya pilih browse to printer, klik next maka computer tersebut akan mencari secara otomatis printer yang sudah kita share sebelumnya. Anda juga bisa menggunakan connect to this printer dan ketikkan nama printer master serta nama printer yang dibagikan tadi dengan format \\server\printer.

Langkah terakhir dari pengaturan ketiga ini adalah dengan mengkonfirmasi apakah sharing printer jaringan ini akan dijadikan printer default atau tidak. Pilih no jika tidak dan yes jika iya. Jika Anda menekan yes maka setiap Anda mencetak gambar, maka akan mencetak secara otomatis pada printer server. Demikian ulasan mengenai cara setting printer wifi ke PC atau laptop.
Cara Setting Printer Wifi Ke PC atau laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Liza Zahrah