Cara Setting Mikrotik RB750 untuk Hotspot Mudah

Cara Setting Mikrotik RB750 untuk Hotspot - Hotspot merupakan salah satu cara untuk mengkoneksikan perangkat baik PC, atau Smartphone dengan internet menggunakan perangkat lain. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai cara setting mikrotik RB750 untuk hotspot. Mikrotik RB750 sendiri adalah perangkat router canggih dengan kemampuan yang cukup lengkap. Perangkat tidak hanya bisa menjadi perangkat penghubung LAN namun juga bisa menjadi pemancar Wi-Fi hotspot yang mudah dan aman untuk digunakan karena bisa menggunakan username dan password.
cara setting mikrotik rb750 untuk warnet dan hotspot,cara setting mikrotik rb750 untuk warnet game online,mikrotik rb750 untuk warnet speedy,mikrotik rb750 untuk warnet speedy dengan winbox,

Baca juga : Cara Setting Stik PES 2013s Versi PC

Bagaimana cara setting perangkat ini untuk hotspot, berikut adalah ulasannya.

  • Hal yang pertama harus dilakukan adalah Anda harus menentukan interface yang akan dibuat untuk hotspot. Karena kita akan menggunakan wifi maka yang dipilih adalah interface WLAN. 
  • Berikutnya Anda aktifkan WLAN 1 sebagai contoh atau Anda bisa menambahkan WLAN lain. Gunakanlah mode AP Bridge dan kemudian isikan SSID menggunakan nama hotspot milik Anda.
  • Langkah berikutnya adalah Anda masukkan IP address untuk interface WLAN 1 Anda. Isikan sesuai dengan keinginan Anda dengan jumlah angka 12 digit.
  • Jika sudah Anda bisa mulai untuk membuat hotspotnya. Gunakanlah wizard hotspot setup untuk membuat setting lebih mudah. Caranya adalah masuk menuju menu IP kemudian klik Hotspot dan klik Hotspot Setup. Jika sudah pilih WLANq dan kemudian klik next.
  • Berikutnya adalah Anda isikan IP address dari WLAN 1 yang tadi dibuat dan kemudian berikan tanda centang pada Masquweadde Network dan kemudian klik Next.
  • Berikutnya Anda buat IP address untuk user. Bebas sesuai dengan kemauan Anda, nantinya IP ini akan otomatis muncul ketika user mencoba untuk konek ke server. Klik Next.
  • Selanjutnya Anda akan mendapatkan pilihan SSL Certificate, pilih saja none dan kemudian klik next.
  • Berikutnya untuk SMTP Server bisa Anda kosongkan dan Anda bisa klik next kembali.
  • Untuk DNS Servernya Anda bisa gunakan milik Google yakni 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan DNS local hotspot server Anda juga bisa kosongkan bagian ini.
  • Hotspot sudah selesai dibuat sekarang Anda bisa konekkan perangkat Anda dengan hotspot yang dibuat.
  • Anda coba buka halaman jika halaman yang muncul adalah halaman login server maka Anda sukses membuat hotspot sendiri.
  • Masukkan username dengan nama admin dengan password kosong. Jika Anda berhasil masuk maka hotspot sukses dibuat.

Bagaimana mudah bukan untuk membuat hotspot menggunakan mesin bernama mikrotik ini. Anda bisa menggunakan alat ini untuk dijadikan hotspot di sekolah, kantor, taman dan lain sebagainya. Dengan demikian tidak sembarangan orang bisa mengakses hotspot Anda. Jika menggunakan wiffi berpasword memang bisa menyebar paswordnya. Berbeda dengan cara setting mikrotik RB750 untuk hotspot ini hotspot Anda dijamin tidak akan ada yang mencuri karena orang yang sudah terdaftar sebagai user saja yang bisa menggunakan hotspot ini.