Sabtu, 21 November 2015

Cara Setting LAN Windows 8 untuk Berhubungan dengan Komputer Lain

Cara setting LAN Windows 8 sebenarnya hampir sama dengan cara setting LAN pada windows yang lainnya. Tahukah Anda apa itu LAN? Di zaman yang modern ini teknologi semakin canggih dan urusan memindahkan data sekarang ini semakin mudah yaitu dengan menggunakan LAN. Biasanya memindahkan data menggunakan flashdisk atau memori internal dan membutuhkan waktu yang lama tapi sekarang ini dengan adanya LAN Anda tidak perlu flashdisk yang berkapasitas sedikit untuk memindahkan data. Dengan menggunakan LAN Anda bisa memindahkan data dengan ukuran yang sangat besar sekalipun tanpa gangguan sedikit pun dan waktu yang dibutuhkan juga tidak banyak untuk memindahkannya.
cara setting lan windows 7 ultimate,cara setting lan windows xp,cara setting lan speedy di windows 7,cara setting lan internet,setting lan komputer,cara setting lan modem huawei hg532e,

Baca juga : Cara Setting Timer Theben Pada Instalasi Listrik Di Rumah

Untuk Anda pengguna windows 8 cara setting LAN bisa dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Siapkanlah kabel LAN terlebih dahulu dengan panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hubungkanlah kabel LAN ini pada satu buah laptop atau komputer yang dijadikan sebagai server.
  • Arahkan kursor pada komputer atau laptop ke arah kanan yang terdapat ikon Network kemudian pilih Open Network and Sharing Center. Lakukan pula pada komputer atau laptop lainnya yang akan dihubungkan. Komputer atau laptop lainnya yang tidak tersambung langsung dengan kabel LAN dinamakan dengan komputer atau laptop client.
  • Setelah masuk pada Open Network and Sharing Center kemudian pilih Ethernet dan buka statusnya lalu pilih Properties. Arahkan kursor ke bawah kemudian double klik pada Internet Protocol Version 4 atau TCP/IPv4.
  • Pilih pada bagian Use the Following IP Address lalu masukkan alamat IP 192.168.10.1 dan masukkan Subnet masknya 2555.255.255.0, biasanya pada subnet mask akan terisi secara otomatis jika alamat IP sudah terisikan dengan benar.
  • Sebenarnya masih ada yang harus diisikan tapi biarkan saja terisi default sesuai pada awalnya. Untuk DNS yang ada harus diisikan dengan DNS sesuai dengan keinginan, Anda bisa menggunakan DNS dari Google ataupun Bing. Pengaturan ini diisikan pada komputer server.
  • Pada komputer atau laptop yang dijadikan sebagai client IP yang diisikan berbeda dengan yang diisikan pada komputer server. IP yang ada pada komputer client diisikan dengan 192.168.10.2. Dan subnetnya akan terisi secara otomatis dengan nomor 255.255.255.0. Perbedaan pada IP server dan client hanya pada angka 2 di belakangnya.
  • Jika semua komputer client sudah diaktifkan dan sudah diganti IPnya maka pada bagian Network komputer server akan muncul komputer-komputer client yang sudah dihubungkan.

Cara membangun LAN windows 8 ini memang sangat mudah sekali, Anda hanya bermodalkan kabel LAN saja sudah bisa melakukan sharing data dengan beberapa komputer ataupun laptop. Sangat disarankan untuk perkantoran menggunakan jaringan LAN ini karena sangat memudahkan dalam bekerja apalagi jika dalam perusahaan sering melakukan transfer data dengan ukuran yang cukup besar. Tidak perlu menyewa teknisi untuk memasang jaringan LAN karena cara setting LAN Windows 8 sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang terpenting ada kabel LAN.
Cara Setting LAN Windows 8 untuk Berhubungan dengan Komputer Lain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Liza Zahrah