Senin, 16 November 2015

Cara Setting Karburator PE 28 untuk Motor Otodrag

Cara setting karburator PE 28 merupakan salah satu hal yang banyak dicari, terutama bagi pencinta otomotif. Seiring meningkatnya kepopuleran penggunaan karburator PE 28, banyak yang tertarik ingin menggunakan karburator yang satu ini. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara menyetel karburator, simak uraian berikut. Karburator sendiri memiliki tugas utama untuk mencampur BB (Bahan Bakar) dengan Udara (O2). Perbandingan untuk keduanya yaitu kira-kira 1:13-15, di mana range udara dipengaruhi oleh beberapa hal. Di antaranya yaitu kondisi mesin dan juga lingkungan, keduanya dapat mempengaruhi range udara.
cara setting karburator vario 110,cara setting karburator satria fu,karburator motor biar irit,cara setting karburator jupiter z,cara setting karburator vespa,

Baca juga : Cara Setting HT SMP 328P dan Cara Cloning Settingannya

Cara Setting Karburator Motor

Mengatur karburator memang penting untuk dilakukan agar campuran antara bahan bakar dan udara menjadi ideal. Anda harus mengatur ketinggian dari jarum skep dan juga pembukaan saluran udara. Di mana Anda dapat membuka ataupun mengendurkan sekrup yang digunakan untuk menyetel udara. Penyetelan tersebut digunakan untuk mendapatkan campuran bahan bakar dan udara yang baik agar menghasilkan tenaga yang optimal. Akan lebih baik jika penyetelan atau cara setting karburator PE 28 dilakukan jika karburator sudah dibersihkan terlebih dahulu.
Untuk menyetel karburator, ini dia langkah-langkahnya:

1. Hidupkan mesin

Hidupkan terlebih dahulu mesin motor dan diamkan selama 5 sampai 10 menit dalam keadaan menyala. Tujuannya agar oli dapat melumasi seluruh komponen yang ada dalam mesin motor ketika mesin dalam suhu kerja yang ideal.

2. Putar baut penyetel skep

Langkah berikutnya yaitu putarlah baut penyetel skep atau penyetel rpm sesuai arah pengencangan. Jika pengencangan baut dilakukan maka putaran mesin akan naik. Hal tersebut ditandai dengan suara mesin motor yang terdengar semakin kencang. Ingat, putar baut tersebut secukupnya saja atau seperlunya saja. Jangan memutarnya terlalu penuh atau terlalu kencang, naikkan putaran secukupnya saja.

3. Putar baut penyetel udara

Langkah selanjutnya yaitu memutar baut penyetel udara, sama seperti langkah sebelumnya. Hanya saja, pengencangan baut ini sebaiknya dilakukan sampai penuh. Namun harus dilakukan dengan hati-hati dan perhatikan mesin, usahakan agar mesin tidak mati. Untuk menyiasati mesin yang mau mati, naikkan rpm secukupnya saja seperti yang dilakukan pada langkah nomor 2.

4. Putar lagi baut penyetel udara

Setelah selesai melakukan langkah ke-3, putar lagi baut penyetel udara dengan arah yang berlawanan. Kali ini Anda harus mengendurkan baut, lakukan secara perlahan dan perhatikan suara mesin. Suara mesin biasanya akan semakin keras karena putaran mesinnya semakin naik.

Jika Anda ingin menyetel karburator mesin dengan setelan basah, lakukanlah penyetelan baut udara sampai suara mesin pada tingkatan paling kencang. Namun jika Anda ingin melakukan setelah kering maka lakukan penyetelan ketika mendekati suara paling keras. Untuk mendapatkan kinerja mesin yang optimal, Anda dapat melakukan setting pada karburator motor. Cara setting karburator PE 28 sendiri cukup sederhana, lakukan dengan tepat terutama jika motor Anda adalah motor otodrag.
Cara Setting Karburator PE 28 untuk Motor Otodrag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kristina Emilia