Cara Setting Jam G-Shock GA 100 Analog + Digital

Cara setting jam G-Shock GA 100 - Kini memang sudah banyak bermunculan jam tangan analog-digital merk terbaru dan handal yang mempunyai cara pengaturan atau setting jam yang sama. Sama halnya pengaturan pada jam tangan G-Shock GA 100. Jam tangan ini biasanya dilengkapi oleh 4 tombol.
cara setting jam casio g shock,harga jam g shock ga 100,jam tangan g shock ga 100,cara mengatur jam g shock,how to set time on g shock ga 100,

Baca juga : Cara Setting VPN di Windows XP Lengkap

Adapun ke-4 tombol pada arloji tersebut mempunyai fungsi di bawah ini:

  • Satu tombol light atau lampu, biasanya terletak di bagian kiri atas.
  • Tombol set/adjust sendiri terletak di bagian kanan atas. Adapun fungsinya untuk pengaturan waktu maupun untuk melakukan reset stopwatch.
  • Tombol mode sendiri berada di bagian kiri bawah yang berfungsi sebagai jam atau untuk melakukan pindah menu.
  • Tombol Stop/Start biasanya terletak di kanan bawah yang berfungsi untuk memilih angka ketikan menyetting jam, sebagai timer atau untuk melakukan stop or start stopwatch, dan sebagainya.
Anda bisa memastikan peletakan tombol di atas dengan melihat tombol-tombol di jam G-Shock milik Anda untuk mode Light, Adjust, Mode dan ST/STP.

Cara Melakukan Setting Waktu Digital Pada Arloji Dual Time

Untuk melakukan setting waktu secara digital dalam jam tangan dual time ini adalah sebagai berikut:
  • Langkah pertama adalah tekan lalu tahan bagian tombol kanan atas atau tombol SET hingga 5 detik hingga digital mulai berkedip-kedip.
  • Kemudian langkah selanjutnya tekan MODE atau tombol bagian kiri bawah yang berfungsi untuk pengaturan jam, bulan, tanggal dan seterusnya.
  • Setelah itu tekan tombol ST/STP atau start/stop Stopwatch bagian kanan bawah yang digunakan untuk memilih tanggal atau waktu.
  • Jika sudah selesai Anda bisa menekan bagian tombol kanan atas atau SET.
Ketika proses pengaturan jam, tak hanya pengaturan tanggal, tahun, bulan atau waktu saja yang ditemukan tetapi juga untuk pengaturan DST, wilayah serta 12/24 H. Jika ketika pengaturan, Anda melihat tulisan seperti ON & OFF yang terletak tulisan kecil DST di mana artinya pengaturan seperti Daylight Time Saving atau musim panas yang mana ketika ON, maka waktu lebih cepat hingga 1 jam. Sementara untuk wilayah di Indonesia sendiri tak ada musim panas atau summer, dengan begitu pengaturannya bisa di set OFF. 

Jika terdapat tulisan LON, NYC, BKK, TYO dan sebagainya menandakan wilayah untuk waktu dunia. Anda bisa mengaturnya berdasarkan wilayah Anda. Adapun pengaturannya yaitu:
  • Untuk wilayah WIT/GT+9 mempunyai waktu yang sama seperti waktu di Tokyo, jadi Anda bisa pilih TYO.
  • Untuk wilayah Jakarta/WIB mempunyai waktu GMT+7 di mana lebih cepat 7 jam dibandingkan waktu GMT, adapun wilayah tersebut sama seperti Bangkok, dan Anda bisa memilih BKK untuk singkatan Bangkok.
  • Untuk wilayah WITA/GMT+8 mempunyai waktu yang sama dengan Hongkong, jadi bisa pilih HKK.
Jika terdapat pilihan 12 maupun 24 itu merupakan pilihan penunjukan waktu, yang mana 12 menunjukkan waktu 12 jam (AM/PM) dan 24 sendiri merupakan waktu 24 jam (biasanya jam 1 siang penulisannya jam 13.00). Ya, demikianlah ulasan mengenai cara setting jam G-shock GA 100!