Senin, 16 November 2015

Cara Setting Efek Gitar Pengetahuan Dasar

Cara Setting Efek Gitar Pengetahuan Dasar - Gitar adalah alamat music yang popular dan banyak dimainkan oleh banyak orang karena cenderung mudah dibandingkan alat music lain. Kita akan membahas mengenai cara setting efek gitar pada ranah pengetahuan dasar. Cara ini merupakan cara mendasar namun banyak orang yang tidak mengetahuinya. Bagi pemusik terutama gitaris pasti tahu akan hal ini. Tapi jika Anda seorang pemula yang sedang belajar efek gitar maka simak baik-baik artikel ini.
cara membuat efek gitar,cara membuat efek gitar stompbox,cara membuat efek gitar sederhana,cara membuat efek gitar distorsi,cara membuat efek gitar sendiri,cara membuat efek gitar di laptop,

Baca juga : Cara Setting Joystick GTA San Andreas PC dengan Benar

Ada beberapa bagian yang harus Anda perhatikan untuk menghasilkan setting gitar yang baik

1. Setting amplifier

Amplifier gitar berbeda-beda tapi disini kita membaginya menjadi dua channel yaitu Channel A yang kita sebut Channel Clean dan channel B yang disebut channel distortion atau lead. Anda akan menemukan parameter gain dan equalization pada preamp yaitu bass, mid, dan treble. Pada settingan awal equalization gunakan setting pada bagian tengah yang mengarah jam 12 kemudian sesuaikan dengan karakter suara/sound yang diinginkan. Sedangkan untuk gain distorsi sesuaikan dengan jenis music yang Anda mainkan. Misalnya jika Anda memainkan musim metal maka putar knob gain hingga penuh dan lain-lain.

2. Setting pedal Distorsi/Overdrive

Anda dapat menggunakan stompbox effect untuk memperoleh efek distorsi berbeda dari setiap amplifier. Stompbox effect ini terdiri dari parameter gain,drive,distortion,saturation, equalization berupa bass, mid, dan treble serta level/master yang sama dengan level/master pada preamp. Cara melakukan setting pun sama dengan cara menyetting preamp.

3. Compressor

Sebuah efek compressor berfungsi untuk mempertahankan sound atau suara yang keluar dari gitar yang berada pada level konsisten. Maksudnya, efek compressor ini berguna untuk mengurangi dinamika yang berlebihan atau terlalu lebar pada sinyal gitar sehingga mengangkat level yang keluar perlahan pada gitar dan menurunkan level yang terlalu keras yang keluar dari gitar sehingga level yang dihasilkan pun tetap stabil. Terdapat 3 parameter dasar yang ada pada compressor yaitu parameter level yang berguna menentukan tingkat kerasnya sound hasil kompresi, parameter attack menentukan tingkat kecepatan efek compressor dan parameter sustain guna menentukan besarnya level yang kita angkat dari hasil suara gitar.

4. Setting Reverb

Reverb atau yang biasa disebut gema. Efek ini biasanya ada pada amplifier langsung. Efek reverb yang ada pada amplifier dikenal dengan sebutan spring reverb. Sebutan spring reverb karena dalam amplifier ada perpanjangan yang berguna untuk memproduksi reverb. Spring reverb ini dikontrol oleh satu parameter sehingga penggunaannya simple saja. Namun satu hal yang harus Anda ingat, jangan memproses sinyal gitar ke sebuah reverb sebelum pedal distorsi memprosesnya. Kesimpulannya gitar sebaiknya diproses ke efek distorsi terlebih dahulu sebelum masuk ke efek reverb.

Ini sekelumit cara setting efek gitar pada teknik dasar. Semoga bermanfaat dan bagai pemula silahkan dicoba. Semoga sukses dan belajar Anda berhasil.
Cara Setting Efek Gitar Pengetahuan Dasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kristina Emilia