Minggu, 15 November 2015

Cara Setting CCTV ke HP Dengan Mudah

Cara setting CCTV ke HP  - Untuk dapat melihat kamera CCTV lewat ponsel ini, Anda membutuhkan perangkat seperti DVR, kamera CCTV Analog, Switch Hub, koneksi internet apapun untuk ponsel dan koneksi internet DVR atau IP Public, contohnya Firstmedia atau Speedy. Kamera analog sendiri dihubungkan menuju DVR memakai kabel UTP atau coaxial dengan kelengkapan, lalu DVR dihubungkan menuju switch hub memakai kabel UTP, access point dan modem+router yang dihubungkan menuju switch hub. Bisa juga memakai router atau modem yang telah dilengkapi switch hub dan wifi Access point, dengan begitu DVR pun bisa dihubungkan secara langsung.
cara setting cctv online dengan ip static,cara setting cctv ke internet,cara setting cctv online dengan dyndns,cara setting cctv online dengan ip dynamic,cara setting cctv online dvr avtech,

Baca juga : Langkah-Langkah Cara Setting DVR H.264 Ke Internet Mudah

Berikutnya Anda cukup melakukan pengaturan DVR, lalu setting port forwarding di modem Speedy dan menyiapkan nama domain, adapun urutan pemasangan CCTV Online sendiri adalah mendaftar nama domain lebih dulu, seperti no-ip.com, dyn.com dan sebagainya lalu setting port di modem Speedy dan seting DVR.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan Nama Domain

Domain name ini berfungsi agar bisa mengakses tampilan CCTV di layar monitor laptop atau PC melalui Web browser Mozilla, atau Web Browser Internet Explorer. Anda bisa memilih nama domain sesuai keinginan Anda, untuk pemilihan dari DDNS service sendiri didapatkan secara gratis maupun berbayar. Adapun domain name tadi akan diisikan dalam settingan modem. Adapun pengisian dari data tadi bisa dilakukan dalam settingan DVR.

2. Pengaturan Port Forwarding Dalam Modem Speedy

Cara untuk mengatur port forwarding dalam Indihome atau modem Speedy sendiri telah banyak di bahas. Namun port yang paling penting ditentukan seperti Local IP Address 192.168.1.100 dan Port 80 nantinya dimanfaatkan mengisi settingan Networks dalam DVR serta settingan di aplikasi mobile viewet di HP.

3. Setting DVR

Untuk pengaturan DVR sendiri dapat menyesuaikan langkah-langkah yang sudah dibuat seperti langkah di atas dan yang terpenting Anda harus mengisikan datanya. Adapun misalnya Local IP Address diisikan “192.168.1.100” untuk port diisikan “80”, untuk settingan Networks DDNS sama seperti langkah awal pengisian username, hostname, password dan sebagainya. Kemudian terakhir yaitu mengisi data dari DNS Server, di mana data bisa dilihat melalui login di modem pada WAN. 

Jika sudah selesai Anda dapat mencoba memeriksa koneksi pada DVR dan PC/Laptop melalui kabel LAN laptop atau PC yang dihubungkan melalui Hub. Agar mengetahui CCTV bisa dilihat melalui internet Anda bisa mengecek koneksi lokal seperti di atas, namun memakai IP Address yang Anda gunakan. Anda bisa mengetahui alamat IP Address sendiri dengan mengetikkan “http://www.whatismyip.com/ dengan begitu IP Address pun akan muncul. 

Contohnya : IP Address Anda adalah : 234.234.24.24 maka :

  • Ketik IP Address tersebut di atas pada web browser di Mozilla, jika muncul “Network video client” maka koneksi pun berhasil lalu login dan tampil menuju gambar kamera CCTV.
  • Untuk Anda yang memakai windows 7 bisa klik start lalu ketik CMP dan akan muncul layar berwarna hitam lalu ketik: ping 234.234.24.24 dan enter. Jika sukses tandanya koneksi pun lancar.
  • Jika memakai windows 7 Anda bisa klik start lalu ketik CMD dan muncul layar berwarna hitam lalu ketik: ping (nama domain Anda) lalu enter. Jika sukses dengan begitu koneksi serta DDNS pun berfungsi.

Nah, jika setting kamera CCTV secara online dapat diakses lewat internet dengan begitu Anda juga dapat melihatnya melalui handphone atau ponsel. Demikianlah cara setting CCTV ke hp dengan mudah!
Cara Setting CCTV ke HP Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kristina Emilia